Mencintai wanita tanpa PACARAN, muslim mampukah ?

Posted by Unknown on 10:04

  Assalamu'alaikum wr.wb..Semoga kita semua selalu di-ridhoi oleh ALLAH SWT ya...

  Pada kesempatan kali ini, Nyong mau bahas pengalaman Nyong didalam dunia per-"Pacaran". Dijaman yang semakin modern dan semakin gila ini, kesannya masa muda tak lengkap jika belum pacaran. Apa sih pacaran itu ? Menurut kamus anak muda jaman sekarang, pacaran adalah "bentuk implementasi rasa cinta dengan disalurkan lewat proses penjajakan antara pria dan wanita, yang diharapkan mereka saling mengenal pribadi masing-masing sampai tercipta sebuah kenyamanan, yang diharapkan juga kenyamanan itu bertahan sampai mahligai pernikahan". Singkatnya pacaran itu kegiatan cinta-cintaan antara lelaki dan wanita.



   Ketika pacaran emang dunia itu keliatannya bening banget sob, jalan-jalan sambil gandengan tangan, rangkul-rangkulan, cium jidat pacarnya, manggilnya sayang-sayangan/ babe-babean atau yang lebih norak dikit manggilnya ayah-bunda atau yang norak tapi dimodifikasi secara islami jadi manggilnya Umi-Abi, sampai melakukan hal-hal yang "kebladasen" (If you know what I mean), semuanya itu dilakukan atas dasar CINTA katanya.

    Nah Apa sih CINTA itu ? Bagaimana cara mencintai seseorang kalo kita lagi terhanyut dalam gelombang pasang cinta *apasih* ?

Gambar dari : somplakk.blogspot.com


Nyong mau curhat bentar dulu ye sob, bentaaar ajaaa.
Begini sob, pas Nyong SMA, Nyong adalah murid yang punya hobby ngayal bisa pacaran sama cewek yang bening-bening. Tapi karena muka pas-pasan, Nyong selama SMA cuma bisa pacaran 4x. Harapan Nyong jadi playboy kelas kakap merah pun harus sirna. Pas itu juga Nyong berpikir kalo gak ada yang salah sama aktivitas pacaran selama gak melakukan hal-hal yang kelewatan, bahkan bangga misal telah berhasil memacari anak orang.

  Tapi ALLAH SWT emang sungguh Maha Besar sob. Suwer deh Nyong dapet hidayah-Nya. Hidayah ini dateng awal mulanya ketika Nyong sedang cinta banget-bangetan sama pacar terakhir Nyong. Eh gak tau kenapa tiba-tiba dia mutusin Nyong dengan alasan yang kurang greget. Hati Nyong hancur sob, ngenes-sengenes-ngenesnya. Hampir sama ngenesnya kayak ketika elu dimarahin emak cuman gara-gara naruh anduk basah dikasur.

   Nyong berdoa siang-malem supaya dia mau balikan lagi, tapi tetep aja dia pengin putus. Sampe-sampe Nyong pernah benci sama dia walaupun cuma bentar sih..ya namanya juga masih cinta sob. Dan ketika Nyong lagi cari-cari cara jitu ngajak mantan balikan di Google, saking udah putus asanya tuh sob, tiba-tiba Nyong nemuin artikel tentang hakekat cinta yang sebenernya, pas baca artikel itu entah kenapa Nyong ngerasa ada sesuatu yang baru nempel ditubuh Nyong gitu. Pola pikir Nyong terhadap yang namanya CINTA berubah total dari situ sob, dari orang yang suka pacaran sampai sekarang Nyong jadi aktivis anti pacaran. Alhamdulliah banget juga selama Nyong dulu pacaran, Nyong gak pernah macem-macem, ya walaupun pikiran yang macem-macem kadang lewat jugak sih.

  Nyong kasih tahu sesuatu nih buat temen-temen semua tentang pemahaman baru Nyong terhadap cinta. Setuju gak sih kalian kalo yang namanya CINTA itu berarti menjaga ? Nyong yakin kalian pasti setuju. Kalo cuma njagain orang yang kita cintai dari orang-orang iseng yang nggodain, njagain dari Hujan dengan lu ngasih jaket lu ke pacar, lu rela hujan-hujanan demi pacar, itu semua udah terlalu mainstream sob. Pernah gak kita njagain orang yang kita cintai dari panasnya api neraka ?

Nih Nyong kasih potongan ayat dari Al-quran dan hadist yang mungkin bisa mencerahkan :


                                                                    لأَنْ يُطْعَنَ فِي رَأْسِ أَحَدِكُمْ بِمِخْيَطٍ مِنْ حِدِيْدٍ خَيْرٌ مِنْ أَنْ يَمَسَّ امْرَأَةً لاَ تَحِلُّ لَهُ
“Demi Allah, sungguh jika kepala salah seorang dari kalian ditusuk dengan jarum dari besi, maka itu lebih baik dari menyentuh wanita yang tidak halal baginya.” (HR. Ath-Thabarani dan Al-Baihaqi dari Ma’qil bin Yasar radhiyallahu ‘anhu, dan dishahihkan oleh Al-Albani dalam Ash-Shahihah no. 226)


                                                                                                          وَلاَ تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيْلاً
“Dan janganlah kalian mendekati perbuatan zina, sesungguhnya itu adalah perbuatan nista dan sejelek-jelek jalan.” (Al-Isra`: 32)


                                               مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَلاَ يَخْلُوَنَّ بِامْرَأَةٍ لَيْسَ مَعَهَا ذُوْ مَحْرَمٍ مِنْهَا فَإِنَّ ثَالِثَهُمَا الشَّيْطَانُ
“Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka jangan sekali-kali dia berkhalwat dengan seorang wanita tanpa disertai mahramnya, karena setan akan menyertai keduanya.” (HR. Ahmad)6


      قُلْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوْجَهُمْ – إِلَى قَوْلِهِ تَعَلَى – وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوْجَهُنَّ
“Katakan (wahai Nabi) kepada kaum mukminin, hendaklah mereka menjaga pandangan serta kemaluan mereka (dari hal-hal yang diharamkan) -hingga firman-Nya- Dan katakan pula kepada kaum mukminat, hendaklah mereka menjaga pandangan serta kemaluan mereka (dari hal-hal yang diharamkan)….”-surat An-Nur ayat 31-30-

   Temen-temen semua yang dirahmati Allah, meskipun misal kita pacarannya gak sampai berzina cuma yang positif-positif aja, bahkan mungkin ada yang berpendapat seperti : "semenjak aku pacaran aku jadi rajin  sholat kok, soalnya pacarku selalu ngingetin" atau "aku sama pacarku pacaran cuma buat saling memotivasi belajar kok, gak macem-macem", iya emang itu keliatannya positif tapi coba deh kita akuin aja, kita pacaran pasti pernah pegangan tangan kan ? pegangan tangan juga pasti bukan pegangan tangan biasa kaya kita salim ke guru, pasti pegangannya penuh perasaan kan, juga di remed-remed dikit tangannya ? mata juga pernah jelalatan kan ? bahkan buat yang laki-laki akuin aja kalo kalian pernah berpikir saru kepada pacar kalian meskipun cuma sekilas , iya kan ?

   Itu semua sayangnya dosa sob, buat kita juga buat orang yang kita cintai. Pegangan tangan, pandang-pandangan itu awal dari zina sob..percaya deh..,ndeketin zina aja gak boleh apalagi kalo sampai zina yang kategori berat. Jangan main api lah kalo gak pengen kebakar. Itu sayangnya Allah ke kita sob, Allah gak pengin kita main api ( nglakuin yang macem2) soalnya Allah gak pengin kita kebakar (di neraka).

   Nyong ngerti kok kalo pacaran memang ada yang bener-bener cinta, Nyong juga pernah pacaran dulu. Pacaran juga ada yang langgeng banget sampai menikah dan hidup bahagia sampai akhir hayat. Tapi ada pilihan lain yang lebih di-ridhoi Allah dalam hal mencintai seseorang sob. Hidup ini pilihan sob, kita pengin kaya ada 2 jalan pilihan : halal dan tidak halal , kita pengin jodoh pun ada 2 jalan : halal dan tidak halal. Masa mau sih kita mencintai orang yang kita cintai lewat jalan yang kurang baik ?? pasti kita pengin yang terbaik dong yaa..

   Semakin kita mencintai orang yang kita cinta lewat pacaran, semakin kita nyeret dia sekaligus diri kita sendiri lebih deket ke neraka sob, soalnya pacaran sendiri pun gak bisa lepas dari hal-hal yang nambahin dosa doang. Kita semua pasti punya cita-cita ketemu seluruh orang yang kita cintai di surga kan ?? Untuk masuk surga kita lebih utamain buat cinta ke Allah sob, dengan gak melanggar perintahNya..sekaligus melindungi si doi dari dosa juga. Masalah cinta kita ke cowo/cewe ikhlasin aja ke Allah, tapi kalo elu udah siap nikah mending langsung nikah aja sob. Tapi misal belum siap kita sering-sering puasa senin-kamis aja biar bisa fokus cinta sama Allah, pasti Allah juga bakal ngasih kita jodoh yang terbaik kalo kita cari jodoh lewat jalan yang terbaik juga.

    Dalam konteks masalah cinta antar laki-laki dan perempuan bahkan Ibnu Majjah meriwayatkan dari Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam bersabda : "Aku tidak pernah melihat dua orang yang saling mengasihi, melainkan melalui jalur pernikahan." Itu yang bilang Nabi Muhammad sendiri lho sob, bukan Nyong. Jadi bagi temen-temen yang udah siap nikah, cepet-cepet nikah aja. Kalo udah nikah kan mau macem-macem sama doi malah dapet pahala dan menggugurkan dosa sob.,emang Allah baik banget ye sob.,cuma tinggal sabar dikit, puasa nahan nafsu sebentar ..balesan kebaikannya banyak banget. Gak bakal rugi deh kalo udah percayain sama Allah.. subhanallah.. :D



   Begitulah cinta menurut Nyong sob, cinta itu melindungi dan melindungi yang paling utama itu dari api neraka. Kalo elu jatuh cinta sama orang, udah disimpen aja sob dalem ati, sabar aja dulu, tabung dulu tuh cinta lu, jangan buat dia Imannya turun gara-gara elu, jangan deketin dia ke neraka gara-gara elu, serahin sama Allah, kalo dia jodoh lu juga bakal dikasih gak mungkin enggak sama Allah. Nih buat cowo ya,,entar kalo elu udah siap nikah baru datengin tuh idaman hati lu, nglamar langsung ke ortunya terus nyatakan cinta lu lewat ijab qobul. Lebih gentle tingkat dewa itu sob. Logika cewe ya sob Nyong kasih tau..,misal cewe dikasih 2 pilihan jodoh : 1. Cowo Gak pacaran/Tobat pacaran karena patuh sama Allah , 2. Cowo yang sering pacaran dan gonta-ganti pacar... kalo lu jadi cewe kira-kira bakal milih jodoh yang mana ??
 
  "Gimana mau nikah kalo gak pacaran dulu ? Pacaran kan aktivitas mengenal satu sama lain ?" 
yah mungkin ada temen-temen yang pengen tanya gitu. Di Islam udah diatur sob cara-cara penjajakan yang baik dan benar, yaitu namanya ta'aruf ..nah ta'aruf juga boleh dilakuin asal bakal ada pernikahan dalam waktu deket. Pengin tau lebih jelas tentang Ta'aruf cari sendiri aja di google :p. Jadi yang nikah rencana umur 25 tahun tapi umur 17 udah pacaran mending di-stop dulu aja yee demi kebaikan bersama.

"Kalo gak pacaran pasti pernikahannya juga gak bakal awet soalnya belum kenal lama"
Begini sob, mungkin gak sih Allah ngasih kehancuran ke rumah tangga orang yang udah susah-susah dibuat lewat jalan yang halal, udah berkorban melawan nafsu selama bertahun-tahun demi melindungi orang yang dia cintai dari dosa ? mungkin gak sih Allah setega itu sama hambanya yang udah patuh sama perintahnya ?
Kalo yang lewat pacaran aja bisa langgeng sampai kakek nenek, yang lewat jalan ta'aruf, jalan yang lebih baik pasti juga peluangnya langgengnya lebih besar dong. Masuk logika gak ??


  Segitu dulu aja sob pencerahan dari Nyong. Nyong gak maksud untuk menceramahi atau sok suci gimana ya sob.,Nyong juga dulu pernah pacaran, Nyong juga masih punya banyak dosa tapi Nyong lagi berusaha untuk tobat, Nyong pengin melindungi Orang yang Nyong cintai dari siksa neraka, bahkan Nyong nyesel pernah macarin dia karena Nyong udah nurunin Iman dia ke Allah pas itu. Ini cuma sharing-sharing tentang pemahaman baru Nyong aja lho sob., boleh diterima boleh enggak kok..Saling mengingatkan saja...Correct Me If I Wrong yaa..

   Nyong nulis ini terinspirasi dari artikel-artikel banyak orang yang sungguh luar biasa. Jadi Nyong tergelitik untuk mohon maaf yang sebesar-sebesarnya jika misal ada kesamaan kalimat/konteks. Nyong lupa sumber-sumbernya karena banyak banget yang pernah dibaca jadi gak bisa di sebutin atu atu. Sekali lagi maaf bukan maksud untuk nyolong artikel. Nyong sharing ini agar dunia jadi lebih baik doang men, tapi ini intinya curhat sih.

Terima kasih sudah membaca, semoga mendapat pencerahan ya teman-teman
Wassalamu'alaikum wr.wb

Gambar by JOSH


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 10:04

9 comments:

  1. untung-Nya aja saya walaupun sdah SMA blum pernah pacaran. Alhamdulillah.

    Terima kasih atas artikelnya yang sangat bermanfaat untuk saya. :D

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum, Gan...mau memberi kritik.

    Pacaran dalam Islam itu ada, tetapi disebut ta'aruf dan masih dalam norma-norma Islam. Jadi bukan berarti menikah itu tidak perlu pacaran...itu sama saja seperti memilih kucing dalam karung.

    Kurang memberi penjelasan..pacaran kalau memang tujuannya baik untuk menikah (istilah lain, ta'aruf) dan memang meningkatkan kualitas diri dengan Allah dan menjaga norma-norma yang ditetapkanNya..saya rasa tidak salah...


    Anda tidak memberi solusi, malah juga menampik bahwa ketika seseorang yang dekat dengan kita itu (pacar, ta'aruf)yang malah berdampak positif bagi ibadah kita, Anda kaitkan dengan pacaran yang maksiat (bukan ta'aruf)..

    "semenjak aku pacaran aku jadi rajin sholat kok, soalnya pacarku selalu ngingetin" atau "aku sama pacarku pacaran cuma buat saling memotivasi belajar kok, ..."

    Anda tidak memberi solusi, ada baiknya solusi juga dilandasi pada pemahaman hadits yang diperdalam...

    Lanjutkan

    http://wppi.wordpress.com/buku/mendekati-zinakah-pacaran-islami/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf apakah pacaran lebih banyak kebaikan atau keburukan ? Jika dengan logika anda pacaran boleh dilakukan maka meminum khamr pun boleh karena jika niatnya untuk kesehatan . Allah melarang bukan karena itu tidak ada kebaikannya tetapi karena keburukan lebih banyak dari kebaikannya . Wallahualam

      Delete
    2. Dan juga setiap pernyataan anda akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak wahai saudaraku sayid

      Delete
    3. Selain ngingetin sholat ngapain aja kalo udah ketemu,apalagi kalo kalian cuma berduaan,parah ni, anda berani menjamin waktu pacaran kemaren gak pegangan tangan? makanya dianjurkan taaruf dalam islam

      Delete
  3. cara benar ga nihh http://rezafauzy.blogspot.com

    ReplyDelete

CB